KEDUDUKAN PEREMPUAN DALAM PANDANGAN ISLAM

  • HUSNUL KHOTIMAH Universitas Muhammadiyah Riau
  • SHERIN NAURA EFENDI Universitas Muhammadiyah Riau
  • DWI ANANDA Universitas Muhammadiyah Riau
  • ELSA MARFINA NANDIANI Universitas Muhammadiyah Riau
  • WISMANTO . Universitas Muhammadiyah Riau
  • RIZKA NANDA UTARI Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Perempuan, Islam, Gender

Abstract

Ketidaksetaraan gender merupakan bentuk dan struktur laki-laki dan perempuan perempuan menjadi korban sistem ini, sementara kesenjangan peran gender perempuan tersebut sama-sama ibu rumah tangga dan juga bisa menjadi wanita karir menyebabkan konflik keluarga dan pengabaian pekerjaan rumah tangga anak-anak mereka, jadi jika peran lain dimainkan dengan baik, maka peran itu yang lain diabaikan, sehingga menyebabkan konflik peran. Inilah yang terjadi gerakan perempuan mengalami kesulitan dalam menyerap perubahan opini gender karena dikonstruksi oleh sekelompok orang. Topik yang ingin dieksplorasi Artikel ini membahas tentang posisi perempuan dalam Islam dan permasalahannya ketidaksetaraan jenis kelamin. Padahal Islam memberikan kedudukan dan kehormatan yang tinggi kepada manusia perempuan dan status perempuan sebagai perempuan, perempuan ibu, perempuan anak, perempuan individu, dan perempuan pencari nafkah. Namun nyatanya, jika pandangan ini tidak diajarkan oleh Islam, maka masalahnya benar-benar berbeda. Karena juga struktur masyarakat, kebiasaan, adat istiadat dan budayanya hal ini mempunyai dampak yang besar terhadap perempuan.

References

Andriani, A. D. (2020). Peran Istri Sebagai Wanita Karier Dalam Perspektif Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Angka Perceraian Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 2020.
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dewi, R. (2020). Kedudukan perempuan dalam islam dan problem ketidakadilan gender. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 4(1), 2655–6200.
Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., & ... (2022). Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 149–158.
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Ete, E. V., Puspita, E. S. I. M., Sallalu, A. R. H., I, A. J. P., & Ramadhani, U. E. (2023). Gender dan Konstruksi Perempuan dalam Agama “Pentingnya Kesetaraan Gender untuk Penghapusan Sistem Patriarki.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer (2023), 1(2), 1–25. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Hawa, 1(1). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2228
Faizah, S. I., Faizah, S. I., & Surabaya, U. A. (2023). Strategi dakwah perempuan berbasis pemberdayaan ekonomi 1. 2, 88–99.
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, Khairul, W. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Hidayah, U. (2021). MAKNA IBU SEBAGAI MADRASAH PERTAMA DALAM. 16(2), 31–46.
Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
KEMENDIKNAS. (2011). Character Education Implementation Guide Book. The Ministry of National Education, 14–16.
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Khairunnisak, D., Lutfi, B. B., Pramudita, D., Putra, D., Surabaya, U. N., Lutfi, B. B., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2023). Kompleksitas Kesetaraan Gender di Indonesia Menuju Era. 2(4), 480–486. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2704
Kurniawan, F., & Kusumaningtyas, Y. (2022). Ikatan Sosiologi Indonesia Malang Raya Dan Sekitarnya Patriarkhisme Dan Praktik Ketidakadilan Gender Pada Lembaga Pendidikan. JSI Jurnal Sosiologi Indonesia, 1(1), 1–11.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.
Lumbanraja, A., Hutagalung, S., & Sagala, R. W. (2021). Keteladanan Kepala Rumah Tangga Sebagai Penatua Jemaat Untuk Pertumbuhan Gereja Berdasarkan 1 Timotius 3:5. Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi), 3(2), 239–254. https://doi.org/10.53396/media.v3i2.39
Mangkurat, U. L., & Era, G. (2023). Peran Wanita dalam Rumah Tangga Menurut Agama Islam : Tinjauan Al-Quran dan Hadist. 1, 138–158.
Mannan, A., Farida, S. N., & Rozy, F. (2021). Penguatan Pendidikan Perempuan (Peran Perempuan dalam Agama, Keluarga, dan Kehidupan Sosial di Masa Modern). Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 1–35. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.1-35
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
MD, A. R., Aulia, M., Abdulrab, N., Purwadi, Y., Fajar, M. D., & Ayunda, A. A. S. D. (2020). Diplomasi Indonesia Dalam Memperkuat Komitmen Pemberdayaan Perempuan Untuk Mendukung Proses Perdamaian Afghanistan. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16(2), 259–276. https://doi.org/10.26593/jihi.v16i2.4422.259-276
Murniasih. (2022). Perlindungan Hak-hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian Menurut Peraturan Perundang-undangan. CPNS Analis Perkara Peradilan, Pengadilan Agama Sanggau, 2019, 1–23. https://www.pa-sanggau.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Artikel-1.pdf
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Nopiansyah, M. (2022). Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam. הארץ, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Nurzannah, A., Sagala, A. F., & Lubis, F. (2023). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(3), 533–544. https://doi.org/10.47476/assyari.v6i1.3345
Pendidikan, N. R.-A.-F. J. S. D. P., & 2018, undefined. (n.d.). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Lppm-Unissula.Com. Retrieved March 25, 2021, from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203
Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(Vol. 7 No. 1 (2022)), 59–72.
Review, L., & Gorontalo, K. (2021). Gorontalo. 4(2), 187–200.
Roza, Y. (2004). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU. 1–7.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059
Setiawan, H. (2020). Pernikahan Usia Dini Menurut Pandangan Hukum Islam. Borneo : Journal of Islamic Studies, 3(2), 59–74. https://doi.org/10.37567/borneo.v3i2.268
Sultan, U. I. N., & Muhammad, A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBAYARAN NAFKAH ANAK PASCA PERCERAIAN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR KALIMANTAN. VII(2), 367–375.
Suryani. (2022). Analisis Hukum Keluarga Islam Terhadap Penguatan Peran Perempuan Dalam Kesetaraan Gender Pada Pengurus Muslimat Dan Pengurus Aisyiyah Di Kota Metro. Familia: Jurnal Hukum Keluarga, 3(2), 151–171. https://doi.org/10.24239/familia.v3i2.78
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wahyuddin, Imam; Cahyono, Fajar; Alfaris, F. (2022). Moderasi Beragama untuk Generasi Mienial Pancasila: Studi Kasus MI Tarbiyatu Sibyan di Desa “Pancasila” Balun, Turi, Lamongan. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–21.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto Abu Hasan. (2018). Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar memahami Tauhid dan syirik (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Andriani, A. D. (2020). Peran Istri Sebagai Wanita Karier Dalam Perspektif Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Angka Perceraian Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 2020.
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dewi, R. (2020). Kedudukan perempuan dalam islam dan problem ketidakadilan gender. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 4(1), 2655–6200.
Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., & ... (2022). Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 149–158.
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Ete, E. V., Puspita, E. S. I. M., Sallalu, A. R. H., I, A. J. P., & Ramadhani, U. E. (2023). Gender dan Konstruksi Perempuan dalam Agama “Pentingnya Kesetaraan Gender untuk Penghapusan Sistem Patriarki.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer (2023), 1(2), 1–25. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Hawa, 1(1). https://doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2228
Faizah, S. I., Faizah, S. I., & Surabaya, U. A. (2023). Strategi dakwah perempuan berbasis pemberdayaan ekonomi 1. 2, 88–99.
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, Khairul, W. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Hidayah, U. (2021). MAKNA IBU SEBAGAI MADRASAH PERTAMA DALAM. 16(2), 31–46.
Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
KEMENDIKNAS. (2011). Character Education Implementation Guide Book. The Ministry of National Education, 14–16.
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Khairunnisak, D., Lutfi, B. B., Pramudita, D., Putra, D., Surabaya, U. N., Lutfi, B. B., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2023). Kompleksitas Kesetaraan Gender di Indonesia Menuju Era. 2(4), 480–486. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2704
Kurniawan, F., & Kusumaningtyas, Y. (2022). Ikatan Sosiologi Indonesia Malang Raya Dan Sekitarnya Patriarkhisme Dan Praktik Ketidakadilan Gender Pada Lembaga Pendidikan. JSI Jurnal Sosiologi Indonesia, 1(1), 1–11.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.
Lumbanraja, A., Hutagalung, S., & Sagala, R. W. (2021). Keteladanan Kepala Rumah Tangga Sebagai Penatua Jemaat Untuk Pertumbuhan Gereja Berdasarkan 1 Timotius 3:5. Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi), 3(2), 239–254. https://doi.org/10.53396/media.v3i2.39
Mangkurat, U. L., & Era, G. (2023). Peran Wanita dalam Rumah Tangga Menurut Agama Islam : Tinjauan Al-Quran dan Hadist. 1, 138–158.
Mannan, A., Farida, S. N., & Rozy, F. (2021). Penguatan Pendidikan Perempuan (Peran Perempuan dalam Agama, Keluarga, dan Kehidupan Sosial di Masa Modern). Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 1–35. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.1-35
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
MD, A. R., Aulia, M., Abdulrab, N., Purwadi, Y., Fajar, M. D., & Ayunda, A. A. S. D. (2020). Diplomasi Indonesia Dalam Memperkuat Komitmen Pemberdayaan Perempuan Untuk Mendukung Proses Perdamaian Afghanistan. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16(2), 259–276. https://doi.org/10.26593/jihi.v16i2.4422.259-276
Murniasih. (2022). Perlindungan Hak-hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian Menurut Peraturan Perundang-undangan. CPNS Analis Perkara Peradilan, Pengadilan Agama Sanggau, 2019, 1–23. https://www.pa-sanggau.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Artikel-1.pdf
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Nopiansyah, M. (2022). Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam. הארץ, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Nurzannah, A., Sagala, A. F., & Lubis, F. (2023). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(3), 533–544. https://doi.org/10.47476/assyari.v6i1.3345
Pendidikan, N. R.-A.-F. J. S. D. P., & 2018, undefined. (n.d.). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Lppm-Unissula.Com. Retrieved March 25, 2021, from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203
Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(Vol. 7 No. 1 (2022)), 59–72.
Review, L., & Gorontalo, K. (2021). Gorontalo. 4(2), 187–200.
Roza, Y. (2004). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU. 1–7.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059
Setiawan, H. (2020). Pernikahan Usia Dini Menurut Pandangan Hukum Islam. Borneo : Journal of Islamic Studies, 3(2), 59–74. https://doi.org/10.37567/borneo.v3i2.268
Sultan, U. I. N., & Muhammad, A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBAYARAN NAFKAH ANAK PASCA PERCERAIAN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR KALIMANTAN. VII(2), 367–375.
Suryani. (2022). Analisis Hukum Keluarga Islam Terhadap Penguatan Peran Perempuan Dalam Kesetaraan Gender Pada Pengurus Muslimat Dan Pengurus Aisyiyah Di Kota Metro. Familia: Jurnal Hukum Keluarga, 3(2), 151–171. https://doi.org/10.24239/familia.v3i2.78
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wahyuddin, Imam; Cahyono, Fajar; Alfaris, F. (2022). Moderasi Beragama untuk Generasi Mienial Pancasila: Studi Kasus MI Tarbiyatu Sibyan di Desa “Pancasila” Balun, Turi, Lamongan. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–21.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto Abu Hasan. (2018). Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar memahami Tauhid dan syirik (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Published
2024-01-13