PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPERKEMBANGKAN POTENSI MANUSIA

  • DZAKIRAH NUR ASSYIFA Universitas Muhammadiyah Riau
  • MAYA WULAN SARI Universitas Muhammadiyah Riau
  • SRI INDRIYANI Universitas Muhammadiyah Riau
  • NERIANI . Universitas Muhammadiyah Riau
  • RIZKA NANDA UTARI Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Hakikat Manusia, Individu, Masyarakat, Pendidikan Islam

Abstract

Perdebatan mengenai hakikat manusia tidak akan pernah ada habisnya, karena banyak aspek yang dibahas. Begitu kita memahami sepenuhnya dimensi  manusia, akan selalu ada dimensi yang belum sepenuhnya dibahas. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk memahami hakikat manusia berdasarkan Islam, pandangan filosofis tentang hakikat manusia,  hakikat manusia sebagai individu dan anggota masyarakat. enis penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan  pendekatan analisis filosofis. Data primer penelitian adalah buku berjudul “Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pengembangan Karakter” dan data sekunder berupa majalah-majalah yang berkaitan dengan topik yang dibicarakan. Metode penelitian menggunakan bahan dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif analitis. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa manusia dalam Islam mengandung dua unsur yaitu  jasmani dan rohani. Keduanya akan bersatu dan  Allah akan memberi mereka kemungkinan. Dalam Al-Qur'an, mereka terdaftar sebagai al-Bashar, al-Insan, al-Nass, Bani Adam, dan al-Insu. Dalam filsafat, hakikat manusia meliputi pikiran, tubuh, gabungan pikiran dan tubuh, serta keberadaannya. Manusia sebagai makhluk individual berbeda-beda karena dipengaruhi oleh kemungkinan-kemungkinan. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain. Implikasinya, pendidikan Islam harus dibangun berdasarkan konsep pendidikan qalbiah dan aqliah, dan pendidikan Islam harus mengembangkan potensinya dan menjadi wahana proses transformasi pengetahuan dan budaya.

References

Amalih, I., & Maknun, M. K. (2022). Identitas Manusia Dalam Konsep Insan Kamil: Studi Atas Pemikiran Abdul Karim Al-Jili. Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 6(1), 45–73.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060
Aulia, I., & Sa’adah, N. (2023). Implikasi Bimbingan Konseling Sosial Terhadap Dimensi-Dimensi Kemanusiaan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1376–1383. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1444
Darmalaksana, W., Priatna, T., Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, F., & Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, J. (2022). Model Studi Hadis Metode Mutakhir Ide Masyarakat 5.0. Gunung Djati Conference Series, 8, 985–997. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/661
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83–103. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72
Fathurohman, O. (2019). Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3
Filemon Filemon. (2023). Eksposisi Gambar Allah Menurut Penciptaan Manusia Berdasarkan Kejadian 1:26-28. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i1.170
Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Hasiholan, A. M. (2020). Studi Komparatif Terhadap Pemahaman Teologi Reformed dengan Pemahaman Teologi Pentakosta tentang Natur Manusia. Pneumata, 1(1), 54–71.
Huda, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Konsep Fitrah Sebagai Potensi Manusia Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 4(2), 172–182. https://doi.org/10.24260/jrtie.v4i2.2008
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Kasma, C. P., Nasution, H., & Faza, A. M. D. (2023). Pengendalian Diri Menurut Filsafat Stoikisme (Analisis terhadap Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring). Tsaqofah, 3(5), 1002–1010. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1759
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.
Mamlu’ah, A. (2019). Konsep Percaya Diri Dalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 139. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.222
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.
Miranda, S. (n.d.). A n w r u l. 3, 1143–1152.
Moh. Firdaus Mochammad; Haq, A. & M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 114–119. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7746
Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam As ’ adiyah Sengkang. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1, 197–211.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Mustika Sari, R., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2(Maret 2020), 245–252. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/409
Nata, A. (n.d.). Abudin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Jakarta: Grasindo, 2001), hlm. 152 1. 1–29.
Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI : UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.
Pala, S., Rahman, H., & Kadir, M. (2020). Konsep Pendidikan Multikultural. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 2(1), 78–87. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.370
Prasetia, S. A. (2023). Subtansiasi Nilai-Nilai Jiwa dalam Pendidikan Islam : Perspektif Ibnā Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya , Indonesa. 8.
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458
Qudratullah, & Rosniar. (2021). Etika Komunikasi Dalam Berdiskusi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 92–102. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.115
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Redmon Windu Gumati. (2020). Manusia Sebagai Subjek dan Objek Pendidikan (Analisis Semantik Manusia dalam Filsafat Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 127–144. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.20
Riayansyah, A. (2021). Hakikat manusia dan hubungannya dengan pendidikan. Atmospheric Environment, 38(5), 3395–3404. http://dx.doi.org/10.1016/j.buildenv.2015.02.015
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.
Riza, F. (2022). Argumentasi Filsafat Kenabian Al-Farabi Dan Ibnu Sina. Nizham Journal of Islamic Studies, 10(1), 33. https://doi.org/10.32332/nizham.v10i1.5090
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Saihu, M. (2022). Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 400–413.
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, Atiqah. Zhafirah. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Ulum, F. B. U. (2021). Upaya Penalaran Islam : Telaah Gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Dan Islam Sebagai Ilmu. Thaqafiyyat : Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam, 20(1), 24. https://doi.org/10.14421/thaq.2021.20102
Wardi, S. (2020). Program Pembelajaran Madrasah Diniyah (Madin) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Agama Bagi Siswa Sekolah Umum. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4(2). https://doi.org/10.26418/jpp.v4i2.40496
Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI : Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah. Zhafirah. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Yenuri, A. A., Islamy, A., Aziz, M., & Muhandy, R. S. (2021). Paradigma Toleransi Islam Dalam Merespons Kemajemukan Hidup Di Indonesia. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 141–156. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i2.216
Published
2024-01-13