NILAI-NILAI PENDIDIKAN HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

  • PUTRI CAHYATI Universitas Muhammadiyah Riau
  • BAMBANG ARDIANSYAH Universitas Muhammadiyah Riau
  • HANIFA GHINA RIHAN Universitas Muhammadiyah Riau
  • RATNATUL ZAIDA Universitas Muhammadiyah Riau
  • HUSNUL KHATIMAH Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: HAM, Perlindungan, KAM dan Hukum Islam.

Abstract

Hak asasi manusia dalam Islam sebenarnya bukanlah hal yang asing, karena wacana hak asasi manusia dalam Islam sudah ada sebelum konsep atau ajaran lain. Dengan kata lain, Islam secara inheren memberikan ajaran tentang hak asasi manusia. Ajaran Islam tentang hak asasi manusia terdapat pada sumber utama ajaran Islam, khususnya Al-Quran dan Hadits, yang merupakan sumber ajaran normatif dan juga terdapat dalam praktik kehidupan umat Islam. Berdasarkan penelusuran terhadap ayat-ayat al-Qur‟an dan as- Sunnah disimpulkan bahwa Hukum Islam telah merumuskan pengaturan dan perlindungan HAM bagi manusia. Berbeda dengan HAM ala Barat yang antrophosentris, HAM dalam hukum Islam bukan saja mengakui hak antar sesama manusia (huququl ‘ibad) tetapi hak itu dilandasi kewajiban asasi manusia untuk mengabdi kepada Allah swt (huququllah). Hukum Islam menetapkan prinsip utama dalam perlindungan HAM yang signifikan dengan tujuan hukum Islam yaitu prinsip perlindungan terhadap agama (hifdz al-din), jiwa (hifdz al-nafs), akal (hifdz al-‘aql), keturunan (hifdz al-nasl) dan harta (hifdz al-mal).

References

Agustina, E., Eryani, S., Dewi, V., & Pawari, R. R. (2021). Lembaga Bantuan Hukum Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Solusi, 19(2), 211–226. https://doi.org/10.36546/solusi.v19i2.357
Asiah, N. (2018). Hak Asasi Manusia Perspektif Hukum Islam. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 15(1), 55–66. https://doi.org/10.35905/diktum.v15i1.425
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Asy’ari, A. (2021). Paradigma Hak Asasi Manusia Dalam Universal Declaration of Human Rights Dan Islam. MAQASIDI: Jurnal Syariah Dan Hukum, 1(1), 1. https://doi.org/10.47498/maqasidi.v1i1.590
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Duwi Handoko, Rahmad Alamsyah, Hulaimi, & Khairul Azwar Anas. (2022). Perbandingan Konstitusi Madinah Dan Konstitusi Amerika Serikat Dalam Politik Ketatanegaraan. Jurnal Sosio-Komunika, 1(2), 224–243. https://doi.org/10.57036/jsk.v1i2.26
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Fathurohman, O. (2019). Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3
Firmanda, H., & Margaretha, V. (2022). Penerapan Ta ’ zir Terhadap Santri Dalam Perspekt if Undang- Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Pemikiran Ibnu Rusyd. 05(02), 1–14.
Fredy Gandhi Midia. (2014). Urgensi Penyelesaian Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dimasa Lampau Perspektif Hukum Islam. Istinbath, 18(1), 176–192.
Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Hazin, M., Rahmawati, N. W. D., & Shobri, M. (2021). Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Maqashid Al-Syari’Ah. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 101–114. https://doi.org/10.37348/cendekia.v7i1.123
Islands, D. (n.d.). 布 3 1 2.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Iswandi, I. (2022). Konsep Suaka Politik dalam Perspektif Fikih Siyasah. Tanfidziy: Jurnal Hukum Tata Negara …, 1(2), 188–203. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/tanfidziy/article/view/1059%0Ahttps://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/tanfidziy/article/download/1059/433
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.
Moh. Firdaus Mochammad; Haq, A. & M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 114–119. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7746
Muhammad Mutawalli. (2023). Implementasi Prinsip Konvensi Internasional dalam Mengurai Pelanggaran HAM di Indonesia. Jurnal Arajang, 6(1), 1–21. https://doi.org/10.31605/arajang.v6i1.2829
Muskilin, J. I., Sambali, S., & Antow, D. T. (2022). Tinjauan Umum Pidana Mati Bagi Sistem Penegakan Hukum Pidana Di Indonesia Melalui Perspektif Hak Asasi Manusia. Lex Privatum, 10(5), 1-15. Hlm. 7.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Mustika Sari, R., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2(Maret 2020), 245–252. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/409
Nopiansyah, M. (2022). Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam. הארץ, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI : UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.
Pangaribuan, L. M. P. (2017). Hak Asasi Manusia. Jurnal Hukum & Pembangunan, 19(6), 519. https://doi.org/10.21143/jhp.vol19.no6.1180
Putri, A., Amanda, D., Yanti, R. F., Amin, A., & Batubara, A. K. (2023). Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 195–208. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.75
Rahma, A. A. (2023). Peraturan Perpajakan Sebagai Alat Penegakkan Hak Asasi Manusia Dan Demokrasi Indonesia. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(4), 09–16. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.492
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.
Rosalina, E. (2021). Pemikiran Masa Renaisans Dan Reformasi. 2–376.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Sharia, I., Hukum, J., Islam, K., Makmun, H., Said, M., Fachrudin, A. P., & Anwar, C. F. (2023). Konsep Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Islam dan Barat Agama Islam memerintahkan umat manusia untuk mengikuti bimbingan yang Maha Kuasa selama hidupnya . Seluruh bumi ini merupakan kepada Allah SWT . Dalam totalitas Islam kewajiban manusia kepada Allah mencakup juga kewajibannya kepada setiap individu yang lain . Maka secara paradoks hak-hak. 1, 51–61.
Suhaili, A. (2019). Hak Asasi Manusia (HAM) Dalam Penerapan Hukum Islam Di Indonesia. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 2(2), 176–193. https://doi.org/10.35132/albayan.v2i2.77
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Warjiyati, S. (2019). Hak asasi manusia dalam perspektif Islam dan Barat. AL Qanun, 10 No. 2(1), 16–25.
Widodo, J., & Ummah, K. (2021). Keserasian Kovenan HAM Internasional dengan Kovenan HAM Nasional Indonesia. An-Nuur, 11(2). https://doi.org/10.58403/annuur.v11i2.36
Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI : Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Zubairy, A. (2021). Reka Ulang Sebagai Alat Bukti Surat Oleh Penuntut Umum Dalam Perkara Pidana Berdasarkan Prinsip Due Process Of Law. Jurnal Penegakan Hukum Indonesia, 2(2), 270–288. https://doi.org/10.51749/jphi.v2i2.34
Published
2024-01-13